Berita

2015, Pengguna Internet di Indonesia Tembus 100 Juta


JAKARTA, alumniITS – Tren perkembangan Internet di dunia semakin pesat dari tahun ke tahun. Setidaknya dalam lima tahun terakhir, menurut data Google, pertumbuhan Internet tumbuh lima kali lipat. Membaca tren itu, Google memperkirakan 2,3 miliar orang telah punya akses daring (online) sampai hari ini.

“Dalam waktu tiga tahun, kami memperkirakan 100 juta orang di Indonesia sudah online dari berbagai perangkat,” ujar Krishna Zulkarnain, Manajer Pemasaran Google Indonesia  di Jakarta,  Rabu (23/1)

Di tahun 2012, Krishna mengungkapkan, dari total pengguna Internet di Indonesia yang berjumlah 63 juta, jumlah pengguna aktifnya mencapai 24,2 juta pengguna. Kategori pengguna aktif di sini yaitu pengguna yang online lebih dari tiga jam sehari.

Tahun ini, Google memperkirakan total pengguna Internet Indonesia akan menyentuh angka 82 juta orang. “Pertumbuhan pengguna dari tahun ke tahun mencapai 75 persen. Dan pertumbuhan terakhir ini merupakan pertumbuhan terbesar,” jelasnya.

Sementara itu, pertumbuhan untuk akses ke platform online video YouTube diperkirakan mencapai 1 juta viewer per menit. “Pertumbuhannya cukup signifikan, 23 persen per kuartal,” papar Krishna.

Untuk itu, Google ke depan akan fokus pada mobile Internet, dan mendorong para UKM untuk bermigrasi ke online, khususnya untuk transaksi jual beli. “Penggunaan Internet di sini belum optimal untuk membangun ekosistem. Karena itu, kita mulai membangunnya dari sekarang,” lanjut Krishna. ([email protected])