Berita

2014, 15 Proyek Prioritas Diajukan

JAKARTA, alumniITS – Pemerintah mengatakan akan mengajukan 15 proyek prioritas dari 37 yang ground breaking pada tahun 2014. Ke-15 proyek itu merupakan tahap pertama, sisanya 22 proyek lainnya menjadi tahap kedua yang direncanakan akan groundbreaking setelah 2014.

Lucky Eko Wuryanto, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Perekonomian mengaku belum memerinci 15 proyek apa saja yang akan ground breaking pada 2014 maupun ke-37 proyek prioritas yang akan diajukan tersebut.

“Penentuan berdasarkan persiapan yang dibutuhkan, agar realisasinya dapat berjalan sesuai jadwal. Tentunya tidak proyek yang sangat baru yang persiapannya sangat lama yang akan groundbreaking 2014. Memang persiapan proyek ini sudah lama dan akan ditangani tahun 2014,” katanya di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Dia menjelaskan pemerintah akan menetapkan proyek-proyek yang memiliki nilai-nilai strategis sehingga bisa menjadi pemacu dari pengembangan atau percepatan pembangunan di koridor. “Kadang-kadang gak hanya nilai proyek aja tapi punya nilai penting secara ekonomis maupun sosial dan politik,” ungkapnya.

Dia mengatakan pemerintah akan mengusulkan tidak hanya pentingnya nilai proyek tetapi kesepakatan yang harus dijalankan. “Ini tanggung jawab semuanya, ada sebuah at least proyek prioritas yang disepakati semua orang,” jelasnya.

Menurutnya, proyek prioritas seharusnya bisa diberi kemudahan. Namun, bukan dalam bentuk prioritas. “Apabila mendapatkan komitmen dari para menteri, terutama dari Menko, harapannya dari sisi alokasi dari proyek pemerintah ataupun dari sisi percepatan pengurusan pemberian jaminan itu betul2-betul bisa diperhatikan,” jelasnya sambil menambahkan sudah menjadi komitmen semua orang dan menjadi laporan yang sedang disusun. ([email protected])

 

ÂÂ