Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

2013, Terminal 2 Bandara Juanda Overload

SURABAYA, alumniITS – Pembangunan terminal dua Bandara Internasional Juanda Surabaya dipastikan tidak dapat menampung luberan penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi udara tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Jatim Wahid Wahyudi mengatakan, pembangunan terminal dua Bandara Juanda sekarang dalam tahap penyelesaian. Diharapkan akhir tahun 2013 ini sudah rampung dan bandara dapat dioperasionalkan.

“Saat dioperasionalkan nanti, terminal dua tersebut akan diperuntukkan bagi terminal keberangkatan dan kedatangan internasional, dengan kapasitas jumlah penumpang pertahun sebanyak 6,5 juta orang,” ujarnya, seperti dilansir kepada Surya, Jumat (8/3/2013).

Meski kapasitas jumlah penumpang 6,5 juta atau sama dengan kapasitas terminal satu, Wahid memastikan ketika dioperasionalkan terminal dua akan langsung over kapasitas akibat banyaknya jumlah penumpang.

Dasarnya adalah jumlah total pada tahun 2012 yang mencapai 14 juta orang. Sementara, daya tampung ideal penumpang di dua terminal hanya untuk 13 juta orang. Sehingga terjadi over kapasitas sebanyak 1 juta penumpang.

“Dibandingkan dengan jumlah penumpang tahun lalu saja sudah over kapasitas. Apalagi akhir tahun nanti. Padahal penggunaan moda transportasi udara oleh masyarakat terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” tegas Wahid.([email protected])