Berita

2013, Jumlah Smartphone Dunia Tembus 1,4 Miliar Unit


JAKARTA, alumniITS – Smartphone akan menjadi salah satu gadget diprediksi tetap mengalami pertumbuhan sepanjang tahun 2013. Sebuah lembaga riset, ABI Research, memperkirakan akan ada sekitar 1,4 milyar perangkat ponsel pintar yang digunakan di seluruh dunia di akhir tahun ini.

Dikutip Phone Arena, Senin (11/2), ABI Research memprediksi akan ada sekitar 798 juta perangkat Androdi aktif di akhir tahun 2013. Jumlah itu setara dengan 57 persen dari seluruh perangkat smartphone yang digunakan pada akhir tahun ini.

Sedangkan perangkat iOS dari Apple akan berjumlah sekitar 294 juta unit atau menguasai sekitar 21 persen jumlah total pengguna smartphone dunia.

Namun, lembaga riset itu memperkirakan posisi ketiga akan menjadi rebutan antara BlackBerry 10 (BB10) atau Windows Phone. Kedua platform mobile itu disebut ABI bakalan berempur habis-habisan demi menambah jumlah penggunanya.

ABI memperkirakan perangkat dengan sistem operasi buatan Microsoft akan menguasai 3 persen pasar smartphone atau sekitar 45 juta unit. Perangkat dengan BB10 diharapkan bakal berjumlah 20 juta unit digunakan oleh seluruh penggila gadget dunia. ([email protected])