Berita

2013, Capex Semen Gresik Siapkan Rp 3,8 Triliun


JAKARTA, alumniITS: PT Semen Gresik (Persero) Tbk menyatakan pada tahun ini akan merencanakan belanja modal atau capex (capital expenditure) sebesar USD 400 juta (Rp 3,8 triliun). Dana ini akan digunakan untuk pembiayaan proyek pabrik Semen Baru di Sumatera Barat dan Jawa Tengah.

“Dua pabrik ini akan menambah kapasitas produksi masing-masing sebesar tiga juta ton per tahun. Pada tahun 2013, kapasitas terpasang perseroan mencapai di atas 28 juta ton per tahun dengan perkiraan produksi semen sekitar 26 juta ton,” ungkap Sekretaris Perusahaan PT Semen Gresik Agung Wiharto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (7/1).

Selain membangun pabrik, lanjutnya, perseroan juga akan membiayai penyelesaian proyek pembangkit listrik di Tonasa, serta pembangunan fasilitas pengantongan semen.”Sumber pendanaan akan berasal dari kas internal dan juga sumber eksternal,” tuturnya.

Fasilitas pengantongan semen dan satu unit batching plant atau unit produksi untuk ready mix pembangunannya akan dimulai pada tahun ini. Tiga fasilitas pengantongan semen akan berlokasi di Kalimantan Barat,Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Pembangunan ini bernilai investasi sebesar Rp 100 sampai 150 miliar. “Fasilitas pengantongan semen akan dilengkapi oleh dermaga, cement transport, concrete silo, packer building, dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara untuk batching plant, saat ini perseroan melalui anak usaha PT SGG Prima Beton telah mengoperasikan satu blatcing plant di Jawa Barat. Rencananya pada tahun ini PT SGG Prima Beton akan membangunsembilan unit blatching plant dengan total investasi sekitar Rp 70 miliar. (endy – [email protected])