Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

2013, Bandara Trunojoyo Sumenep Dikembangkan

 

SUMENEP, alumniITS:

Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur berencana mengembangkan Bandara Trunojoyo Sumenep, dengan menyiapkan lahan sekitar lima hektare. Pengembangan bandara ini direncanakan pengerjaannya pada tahun 2013 mendatang.

“Pengembangan Bandara Trunojoyo itu dibagi beberapa tahap. Untuk kepentingan pengembangan pada 2013, kami harus menyiapkan lahan sekitar lima hektare, dan itu sudah dilakukan pemetaan sejak beberapa waktu lalu,” kata Wakil Bupati Sumenep Soengkono Sidik, di Sumenep, Kamis (11/10).

Pengembangan Bandara Trunojoyo pada 2013, berupa pembangunan sejumlah fasilitas, di antaranya perluasan area parkir pesawat dan terminal penumpang, tambah Soengkono.

“Terminal penumpang merupakan salah satu fasilitas yang harus kami siapkan secepatnya, karena kami akan berupaya menjadikan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial yang disinggahi pesawat reguler berjadwal,” katanya seperti diunduh dari antara.

Dilanjutkan, pihaknya terus bersinergi dengan Satuan Kerja Bandara Trunojoyo. Pengembangan sebuah bandara itu membutuhkan dana besar. “Kami butuh dukungan sekaligus bersinergi dengan Satuan Kerja Bandara Trunojoyo yang merupakan institusi kepanjangan tangan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemkab Sumenep ingin menjadikan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial yang disinggahi pesawat berjadwal reguler.

Sejumlah program atau kegiatan yang merupakan hasil sinergi Pemkab Sumenep dan Satker Bandara Trunojoyo, terus dilakukan guna menambah fasilitas supaya memenuhi persyaratan (standar) sebagai bandara komersial.

Program sinergi tersebut, di antaranya Pemkab Sumenep membebaskan lahan sekitar 5,4 hektare untuk perluasan areal Bandara Trunojoyo pada 2011, guna menambah sejumlah fasilitas, di antaranya menambah panjang landasan pacu pesawat yang untuk sementara hanya 905 meter.

Kementerian Perhubungan memprogramkan penambahan panjang landasan pacu pesawat di Bandara Trunojoyo, dari 905 meter menjadi 1.160 meter, dan penambahan fasilitas lainnya, pada tahun 2012. (ndy)