Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

18 Sektor Industri Peroleh Fasilitas BMDTP

JAKARTA-alumniits.com :

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memberikan fasilitas bea masuk ditanggung pemerintah (BMDTP) kepada 18 sektor industri dengan anggaran sebesar Rp870 miliar pada 2013. Pernyataan tersebut dikemukakan Kepala Pusat Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri, Kemenperin, Harris Munandar, di Jakarta, Senin (29/10).

 

 

 Menurutnya, sektor industri yang menerima fasilitas BMDTP sebagian besar diperuntukkan bagi industri alat angkut. Beberapa industri yang menerima fasilitas BMDTP diantaranya industri alat berat, perkapalan, komponen kendaraan bermotor, dan pesawat terbang.

“Dari beberapa sektor yang mendapatkan fasilitas BMDTP, industri kereta api nasional tidak menggunakan aturan tersebut. BMDTP diberikan kepada komponen bahan baku yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri, sedangkan industri komponen kereta api semuanya sudah bisa dibuat di Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Harris, anggaran BMDTP pada tahun depan dialokasikan sebesar Rp870 miliar bagi 18 sektor industri manufaktur. Sedangkan total anggaran pemerintah bagi sektor usaha tertentu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 mencapai Rp1 triliun.

Sementara itu, akibat adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Pemberian Fasilitas BMDTP, Kemenperin akhirnya meminta revisi anggaran akibat naiknya harga bahan baku. “Kami beberapa kali melakukan perubahan anggaran dan disepakati sebesar Rp428 miliar. Diproyeksikan penyaluran BMDTP sampai akhir tahun ini bisa menyentuh angka Rp170 miliar, 40 persen dari pagu anggaran dan hal tersebut mengacu pada rencana importasi barang (RIB),” paparnya.     (teguh/redaksialumniits.yahoo.co.id)